Kemenag Salurkan Bantuan bagi Korban Banjir Bandang di Mandailing Natal

By Admin


nusakini.com-Panyabungan -Kementerian Agama menyalurkan bantuan bagi korban banjir bandang di Mandailing Natal (Madina), Sumatra Utara. Bantuan sebesar Rp. 300 juta diserahkan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatra Utara, Darmansyah, di Aula Kemenag Mandailing Natal, Payaloting Panyabungan. 

“Bantuan ini berasal dari keluarga besar Kementerian Agama Sumatra Utara, sebagai bentuk empati kami terhadap musibah yang dialami masyarakat Madina,” tutur Darmasyah.

Sebelumnya, diberitakan bahwa banjir bandang terjadi di Mandailing Natal pada Jumat (12/10). 12 santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Hilaliyah Murasaladi, Kecamatan Ulupungkut, turut menjadi korban dalam musibah tersebut. Sejumlah bangunan termasuk madrasah dan masjid di daerah Ulupungkut pun mengalami kerusakan akibat banjir bandang.

Menurut Darmansyah, tak hanya di Kecamatan Ulupungkut, bencana banjir pun dialami oleh tujuh Kecamatan di Pantai Barat Mandailing Natal. Tujuh kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Sinunukan, Kecamatan Ranto Baek, Kecamatan Batang Natal, Kecamatan Lingga Bayu, Kecamatan Natal dan Kecamatan Batahan. 

Bantuan yang diberikan mulai dari uang tali asih, sembako, peralatan masjid, pakaian hingga perlengkapan sekolah. “Bantuan ini akan disampaikan kepada warga yang terkena musibah di delapan kecamatan itu,” jelas Darmansyah. 

Darmansyah berharap bantuan yang diberikan dapat membantu meringankan beban warga masyarakat yang tertimpa musibah.“Terutama bagi 12 santri korban meninggal dunia,” sambung Darmansyah. 

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal Dur Brutu, mengatakan bahwa ASN dan seluruh stakeholdernya juga telah melakukan aksi cepat tanggap memberikan bantuan dan pertolongan kepada warga korban bencana alam. 

"Atas nama ASN Kemenag dan seluruh warga masyarakat Mandailing Natal mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas bantuan dan kepedulian Keluarga Besar Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara terhadap bencana alam di Mandailing Natal. Semoga bantuan ini bernilai ibadah disisi Allah SWT," ujar Dur Brutu.(p/ab)